Plakat Wayang sebagai Upaya Pelestarian Budaya

plakat wayang

Plakat wayang menjadi bentuk upaya pelestarian budaya. Seperti yang kita ketahui, wayang adalah salah satu aset kebudayaan milik Indonesia. Pada 7 November 2003, UNESCO pun telah menetapkan wayang sebagai warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur.

Jika merunut sejarah, wayang telah ada sejak abad ke-4. Dulunya, wayang menjadi pertunjukkan seni dalam rangka menyebarkan ajaran Hindu. Tidak mengherankan jika cerita wayang terpengaruh dengan mitologi dalam ajaran Hindu, seperti halnya dalam cerita Ramayana dan Mahabharata.

plakat wayang

Walisongo pun memanfaatkan wayang sebagai media untuk menyebarkan agama Islam, khususnya di wilayah Jawa. Dengan menggunakan wayang, masyarakat tanah Jawa menjadi lebih terbuka terhadap Islam. Pasalnya, wayang telah menjadi satu budaya yang akrab dengan masyarakat Jawa.

Karena begitu bersejarah dan penting, sudah semestinya wayang kita lestarikan. Pelestarian wayang dapat berwujud mengadakan pentas wayang. Selain itu, bisa juga mempelajari seluk-beluk pewayangan. Pembuatan souvenir, seperti plakat wayang, juga menjadi wujud pelestarian wayang.

Plakat Wayang sebagai Upaya Pelestarian Budaya

Tidak hanya menjadi wujud pelestarian budaya, plakat wayang juga menjadi souvenir yang bercirikan Indonesia. Bentuk plakat ini dapat beragam. Misalnya, dengan mengambil bentuk tokoh pewayangan atau gunungan wayang.

Bahan pembuat plakat yang bisa menjadi pilihan, antara lain logam dan akrilik. Kedua jenis bahan ini sama-sama kokoh. Kekokohan logam sudah menjadi hal yang banyak diketahui. Sementara itu, kekokohan akrilik terbukti dengan tidak mudah pecah jika tidak sengaja terbentur atau terjatuh.

plakat wayang

Selain dari segi kekokohan, kedua jenis bahan ini juga memiliki penampilan menarik. Plakat dari logam umumnya akan mendapat tambahan warna emas dan perak sehingga makin terlihat indah. Sementara itu, untuk plakat dari akrilik terlihat menarik karena warna transparan akrilik yang terlihat berkilau.

Baca juga: Vandel Akrilik Berkualitas yang Cocok Jadi Pilihan Hati

Jika Anda tertarik untuk memesan plakat wayang, Anda bisa mendatangi PlakatZone. Anda juga bisa memesan plakat dengan desain sesuai keinginan. Bahkan, Anda pun bisa memesan berbagai macam souvenir menarik lainnya. Misalnya saja, souvenir miniatur hingga trofi piala. Untuk memesan, Anda hanya perlu menghubungi customer service.