Pengertian Plakat, Kegunaan, dan Jenis-Jenisnya

plakat kayu - pengertian plakat apa itu plakat

Pengertian Plakat – Dalam setiap momen penting, baik di lingkungan korporat maupun di instansi pemerintahan, sering kali kita jumpai sebuah objek yang tidak hanya merepresentasikan prestasi, tetapi juga mengabadikan memori dan apresiasi. Objek tersebut adalah plakat. Namun, sebenarnya apa itu plakat? Artikel ini akan membuka tabir tentang pengertian plakat, menjelaskan esensinya yang melampaui sekadar objek fisik menjadi simbol nilai dan penghargaan. Dari acara penghargaan hingga peringatan momen spesial, plakat telah menjadi bagian integral dari tradisi penghormatan dan pengakuan.

Pengertian Plakat

Apa itu plakat? Plakat adalah sebuah objek yang dirancang untuk memperingati atau menghargai suatu peristiwa, prestasi, atau individu. Dalam desainnya, plakat bisa sangat bervariasi, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks dan artistik, sering kali disesuaikan dengan tema atau identitas sebuah acara. Sebagai simbol pengakuan dan apresiasi, plakat tidak hanya menyampaikan penghargaan, tetapi juga mewakili nilai dan budaya dari pemberi penghargaan.

Kegunaan Plakat

Plakat sering digunakan sebagai bentuk penghargaan atau kenang-kenangan dalam berbagai acara, seperti penghargaan korporat, komemorasi, atau perayaan pencapaian khusus. Dalam konteks korporasi atau instansi pemerintahan, plakat bertindak sebagai simbol apresiasi resmi yang tahan lama dan berkesan. Selain itu, plakat juga berfungsi sebagai alat komunikasi non-verbal yang kuat, menyampaikan penghormatan dan rasa terima kasih kepada penerimanya. Dengan desain yang tepat, plakat dapat meninggalkan kesan mendalam dan mendorong motivasi serta loyalitas.

Jenis-jenis Plakat Berdasarkan Material

Plakat dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Pembedaannya dapat dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuat. Berikut ini adalah jenis-jenis plakat berdasarkan bahan pembuatnya.

Apa itu plakat akrilik? Plakat Akrilik adalah bentuk penghargaan yang terbuat dari bahan akrilik yang transparan dan tahan lama. Akrilik menjadi bahan yang sering digunakan untuk membuat kerajinan. Akrilik disebut sebagai bahan kerajinan modern. Sebagai bahan kerajinan, akrilik banyak diminati. Pasalnya, akrilik memiliki beberapa kelebihan. Kerajinan dari akrilik biasanya tahan terhadap benturan. Jika kerjainan akrilik terkena benturan tidak akan mudah pecah. Selain itu, perawatannya juga mudah dilakukan. Apabila terlihat kotor, hanya perlu dilap menggunakan kain basah.

Akrilik adalah bahan yang lentur dan fleksibel untuk dibuat menjadi berbagai macam bentuk. Oleh karena itu, kerajinan dari akrilik memiliki banyak variasi. Yang terpenting adalah harganya juga terjangkau.

Akan tetapi, akrilik juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah mudah tergores. Oleh karena itu, saat membersihkannya, harus berhati-hati. Kain yang digunakan untuk membersihkan juga harus bertekstur lembut.

Plakat

Apa itu plakat resin? Plakat Resin adalah bentuk penghargaan yang terbuat dari bahan resin yang kuat dan tahan lama. Resin dapat dibedakan menjadi dua jenis. Ada resin alami dan resin buatan. Resin alami berasal dari getah berbagai jenis pohon. Sementara itu, resin buatan berasal dari campuran beberapa zat kimia.

Secara sekilas, plakat yang terbuat dari resin dan akrilik mirip. Keduanya sama-sama memiliki warna bening. Akan tetapi, sebenarnya terdapat perbedaan di antara keduanya. Umum, pada semua kerajinan yang terbuat resin terlihat gelembung-gelembung udara berukuran kecil. Untuk warna sebenarnya, tidak sebening kerajinan akrilik. Resin memiliki warna yang lebih keruh.

Berbeda dengan akrilik yang umumnya hanya bisa dibentuk dua dimensi, resin dapat dibentuk tiga dimensi. Sebab, resin berbentuk agak cair sehingga pembuatannya dilakukan dengan cara dicetak.

Apa itu plakat kayu? Plakat kayu adalah sebuah bentuk penghargaan yang terbuat dari bahan kayu alami. Kayu memang sudah lama menjadi salah satu bahan dasar pembuat berbagai kerajinan. Plakat kayu hingga saat ini masih memiliki peminat. Akan tetapi, kebanyakan bentuknya hanya standar. Misalnya, berbentuk kotak, lingkaran, atau oval.

Meski berbentuk standar, penampilannya tetap terlihat elegan. Terlebih, dalam pembuatannya sering dipadukan dengan bahan lain. Bahan lain yang sering dipadukan dengan kayu, antara lain, akrilik dan logam. Biasanya, akrilik dan logam diberi warna tertentu agar terlihat menarik.

Meski memiliki banyak kelebihan, plakat kayu juga memiliki kekurangan, yaitu tidak tahan lama. Jika ingin tahan lama, bahan dasar untuk membuatnya sebaiknya kayu jati. Meski tidak tahan lama, perawatannya cukup mudah. Jika terlihat kotor dan berdebu, hanya perlu dibersihkan dengan kemoceng berbulu atau kain kering.

Ada juga plakat yang terbuat dari kristal. Pada dasarnya, kristal memiliki kemiripan dengan kaca. Karena itulah, plakat kristal memiliki penampilan yang elegan dan mewah.

Meski penampilannya mewah, plakat kristal memiliki beberapa kelemahan. Kelemahannya adalah mudah pecah. Jika terbentur atau terjatuh kemungkinan besar akan pecah. Selain itu, bobotnya juga cukup berat sehingga tidak cocok diberikan sebagai hadiah untuk anak-anak.

Karena mudah pecah, sebaiknya disimpan di tempat yang tinggi. Tujuannya adalah agar tidak mudah tersenggol dan terjatuh. Untuk perawatannya cukup mudah dilakukan. Jika terlihat berdebu, hanya perlu dibersihkan menggunakan kain basah. Setelah itu, dikeringkan dengan kain lainnya.

Terakhir, ada plakat yang terbuat dari logam. Beberapa jenis logam yang biasanya digunakan untuk membuat plakat, antara lain, kuningan, alumunium, atau stainless steel. Sama halnya dengan kristal, plakat logam memiliki bobot yang cukup berat.

Untuk memperindah, biasanya logam dicat menggunakan warna perak atau emas. Sebab, perak dan emas adalah logam mulia yang memiliki nilai jual tinggi.

Itulah pembahasan tentang pengertian plakat, kegunaan, dan beberapa jenis plakat yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya. Berbagai jenis plakat tersebut dapat Anda dapatkan melalui customer service kami.

Baca juga :