Plakat Resin, Souvenir Pilihan untuk Berbagai Acara

plakat resin

Plakat resin dapat dijadikan souvenir untuk berbagai acara. Resin pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu resin alami dan resin buatan. Resin alami adalah resin yang berasal dari getah pepohonan. Sementara itu, resin buatan adalah resin yang berasal dari berbagai senyawa organik. Resin buatan sering juga disebut sebagai resin sintetis.

Resin sebagai Bahan Multiguna

Tidak hanya menjadi bahan pembuat plakat, resin juga memiliki banyak kegunaan. Berikut ini adalah beberapa kegunaan resin dalam kehidupan.

  • Bahan Pelembut Pakaian

Saat mencuci, terkadang kita menggunakan pelembut pakaian atau yang lebih dikenal dengan nama softener. Pelembut pakaian dalam pembuatannya ternyata memanfaatkan resin sebagai bahan.

  • Pernis dan Perekat

Biasanya, beberapa kerajinan khususnya kayu perlu dipernis agar terlihat mengilap. Pernis ternyata juga dapat dibuat dari resin. Selain pernis, resin juga bisa dijadikan perekat karena lengket.

  • Bahan Kerajinan

Berbagai jenis kerajinan dapat dibuat dari resin. Misalnya saja, plakat resin, gantungan kunci, miniatur, dan masih banyak lagi.

  • Bahan Campuran dalam Pembuatan Kapal

Resin ternyata juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam membuat kapal. Dijadikan sebagai bahan campuran pembuat kapal karena resin tahan terhadap air dan asam lemah.

Plakat Resin untuk Berbagai Acara

Sudah dijelaskan sebelumnya jika plakat resin dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Plakat jenis ini dapat digunakan sebagai souvenir wisuda. Resin bisa dibentuk menyerupai seseorang yang mengenakan toga.

Baca juga: Pengertian, kegunaan dan jenis-jenis plakat

Selain wisuda, plakat ini juga bisa digunakan sebagai souvenir kenang-kenangan seminar. Biasanya, souvenir diberikan untuk narasumber sebagai bentuk penghargaan. Ada juga seminar yang memberikan plakat untuk pesertanya.

Selain sebagai souvenir, plakat jenis ini juga bisa diberikan sebagai hadiah suatu lomba. Kebanyakan lomba yang menjadikan plakat resin menginginkan hadiah yang sesuai lomba. Hal itu sangat sesuai mengingat resin dapat dibentuk menjadi berbagai benda sesuai dengan tema lomba.

plakat resin

Tips Memilih Plakat Resin

Pada dasarnya dalam memilih plakat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Hal-hal tersebut akan menjadi pemuas kita setelah memilih plakat. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih plakat resin.

  • Sesuaikan dengan acara. Dalam memilih plakat, kita harus menyesuaikan dengan acara yang akan diselenggarakan. Dengan begitu, kita juga akan lebih mudah untuk mengonsep desain plakat akan seperti apa.
  • Perhatikan kualitas produk. Kualitas plakat menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Kita tentunya tidak mau memberikan plakat berkualitas abal-abal sebagai souvenir bukan?
  • Pertimbangkan harga. Selain kualitas, kita juga harus mempertimbangkan harga. Kita sesuaikan budget yang dimiliki dengan harga plakat yang akan dibeli. Jangan sampai, pengeluaran membengkak karena memilih plakat yang harganya selangit.

Merawat Plakat Resin

Kita pastinya ingin plakat yang dimiliki tahan lama. Untuk itu, kita perlu merawat plakat tersebut. Berikut ini adalah cara merawat plakat resin yang bisa kita lakukan.

  • Meletakkan plakat di tempat yang cukup tinggi. Tujuannya adalah agar plakat tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Pasalnya, terkadang anak-anak menjadikan plakat sebagai mainan sehingga memungkinkan plakat bisa rusak.
  • Meletakkan plakat di tempat tertutup. Selain tempat yang cukup tinggi, plakat juga seharusnya diletakkan di tempat tertutup. Lebih utamanya, tempat tertutup terbuat dari kaca sehingga plakat dapat dilihat dari luar. Dengan ditempatkan di tempat tertutup, plakat bisa terhindar dari debu.
  • Memberi alas untuk plakat. Sebaiknya, plakat disimpan dengan memberinya alas. Alas yang digunakan sebaiknya yang empuk. Alas empuk dapat menghindari plakat dari goresan.
  • Membersihkan secara teratur. Tentu saja, plakat yang kita miliki perlu dibersihkan secara teratur. Untuk plakat resin hindari membersihkan dengan berbagai cairan kimia. Kita cukup membersihkannya dengan kain kering. Kain yang digunakan sebaiknya yang bertekstur halus.