Plakat Kayu, Souvenir Klasik dengan Kesan MenarikĀ 

plakat kayu

Plakat kayu sering dimanfaatkan sebagai souvenir kenang-kenangan yang diberikan untuk seseorang atau instansi. Plakat kayu biasanya justru dipilih oleh instansi-instansi untuk diberikan kepada rekan bisnis. Jenis plakat ini banyak diminati karena memiliki kesan klasik, unik, dan menarik.

Kayu memang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Selain untuk plakat, kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan lainnya. Tidak hanya bahan kerajinan, kayu juga bisa digunakan sebagai bahan bangunan dan bahan perabotan. Akan tetapi, jenis kayu yang digunakan biasanya berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Untuk kayu yang dijadikan plakat juga beragam. Jika menghendaki plakat yang berkualitas, awet, dan tahan lama, kayu jati bisa menjadi bahan utama yang dipilih.

Plakat Kayu sebagai Souvenir

Siswa sekolah menengah kejuruan biasanya melakukan kerja praktik di sebuah perusahaan. Hal yang sama juga dilakukan oleh oleh mahasiswa yang magang. Setelah kerja praktik atau magang selesai, biasanya mereka memberikan souvenir sebagai ucapan terima kasih sekaligus kenang-kenangan.

Baca juga: Pengertian, kegunaan dan jenis-jenis plakat

Plakat kayu paling sering dijadikan pilihan. Plakat dibuat dengan bentuk standar dengan menampilkan logo lembaga pendidikan. Di plakat tersebut tertulis ucapan terima kasih yang ditujukan untuk perusahaan tempat magang.

plakat kayu

Selain jadi souvenir praktik kerja dan magang, berbagai acara juga sering menjadikan plakat kayu sebagai souvenir. Plakat jenis ini paling sering dijadikan sebagai bentuk penghargaan, baik penghargaan untuk perorangan maupun instansi. Plakat kayu sering dijadikan penghargaan karena menampilkan kesan formal, elegan, dan mendalam.

Bentuk Plakat Kayu yang Disukai

Plakat dari kayu memiliki beberapa desain yang bisa dibuat. Dari sekian banyak desain, ada beberapa yang paling disukai. Berikut ini adalah beberapa bentuk atau desain plakat kayu yang disukai.

  • Bentuk Standar

Bentuk standar yang dimaksud adalah bentuk bidang datar. Misalnya, kotak, lingkaran, oval, segilima, segienam, dan lain-lain. Bentuk-bentuk tersebut paling sering dipesan karena sederhana, tetapi sangat berkesan.

  • Bentuk Perisai

Bentuk perisai juga sering dipesan. Perisai memiliki kesan kuat sehingga disukai oleh banyak orang. Terkadang, bentuk ini dibuat karena mengikuti logo suatu instansi.

  • Bentuk Gunungan

Gunungan adalah bagian dari salah satu wayang kulit. Bentuk ini juga disukai. Selain dibentuk gunungan, biasanya plakat dihias sedemikian rupa, entah dengan ornamen ukiran atau batik. Dengan begitu, plakat menjadi sangat kental dengan budaya Indonesia.

  • Berbingkai

Ada satu lagi, bentuk plakat yang disukai, yaitu plakat berbingkai. Plakat dibuat dengan menambahkan bingkai di pinggirnya.

Tips Merawat Plakat Kayu

Plakat kayu memiliki karakteristik tersendiri. Oleh karena itu, perawatannya pun harus diperhatikan. Perawatan plakat kayu dapat menjadikannya lebih tahan lama. Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat plakat.

  • Menjauhkan dari jangkauan anak-anak. Anak-anak yang belum mengerti terkadang menjadikan plakat sebagai mainan. Oleh karena itu, sebaiknya plakat disimpan di tempat yang agak tinggi supaya anak-anak tidak mudah untuk menjangkaunya.
  • Menyimpan di lemari tertutup. Plakat juga sebaiknya disimpan di tempat yang tertutup. Tujuannya adalah agar tidak mudah terkena debu. Jika memungkinan, plakat disimpan di lemari display agar terlihat jika berdebu.
  • Membersihkan dari debu secara berkala. Meski disimpan di tempat tertutup tidak menutup kemungkinan plakat akan tetap berdebu. Maka dari itu, plakat harus tetap dibersihkan secara berkala. Cukup lap plakat menggunakan kain kering yang memiliki serat halus.
  • Memberi alas ketika menyimpan. Saat menyimpan, usahakan juga plakat diberi alas. Alas yang digunakan usahakan yang empuk, tetapi tetap membuat plakat bisa berdiri stabil.