Plakat Kristal, Souvenir Mewah yang Cocok untuk Hadiah

plakat 3d kristal

Plakat kristal berkat kilauannya memiliki penampilan yang mewah, eksklusif, dan elegan. Tidak heran, jika plakat kristal sering dijadikan hadiah untuk rekan bisnis. Tidak hanya menjadi hadiah untuk rekan bisnis, plakat kristal juga memiliki fungsi lain. Misalnya saja, dijadikan hadiah penghargaan, baik untuk perorangan maupun instansi.

Baca juga: Pengertian, kegunaan dan jenis-jenis plakat

Plakat Kristal sebagai Souvenir Berbagai Acara

Plakat kristal dapat dijadikan sebagai souvenir untuk berbagai acara. Misalnya, diberikan sebagai hadiah dalam acara penghargaan. Plakat jenis ini sangat cocok untuk acara penghargaan karena memiliki penampilan yang mewah. Selain untuk acara penghargaan, dijadikan hadiah juga sangat cocok.

Plakat jenis ini memang memiliki keunggulan pada tampilannya. Selain itu, plakat ini juga bisa dibuat dalam bentuk tiga dimensi. Sayangnya, ada beberapa kelemahan yang dimiliki. Pertama, plakat ini mudah pecah jika terbentur atau terjatuh. Selain itu, plakat juga terasa cukup berat untuk dibawa. Maka dari itu, plakat jenis ini tidak cocok diberikan untuk usia anak-anak.

plakat kristal

Tips Memilih Plakat Kristal

  • Pastikan tema acara. Sebelum memilih plakat, harus dipastikan tema acaranya terlebih dahulu. Dengan demikian, bentuk plakat bisa menyesuaikan tema acara. Selain itu, ukuran plakat juga bisa menyesuaikan. Jika acara untuk anak-anak, plakat bisa dibuat dengan ukuran kecil agar anak-anak tidak merasa berat saat membawanya.
  • Pilih produk berkualitas. Agar plakat awet, produk berkualitas menjadi kunci utamanya. Untuk itu, sebelum memesan, harus dipastikan produk-produk yang dipesan di suatu toko terjamin kualitasnya.
  • Pertimbangkan waktu dan harga. Dalam memilih plakat, harus dipertimbangkan waktu dan harga. Waktu yang dimaksud adalah lama pengerjaan plakat. Waktu harus disesuaikan dengan acara yang akan diselenggarakan. Terkait harga, tentunya harus diperhatikan. Tidak mau bukan membeli plakat hingga menguras kantong? Maka dari itu, sebelum membeli plakat, sesuaikan harga dengan budget yang dimiliki. Sesuaikan juga budget dengan jumlah plakat yang mungkin bisa dipesan.

Cara Merawat Plakat Akrilik dengan Benar

Plakat akrilik perlu dirawat agar terus bersih dan awet. Perawatannya berbeda dengan jenis plakat lain meskipun agak mirip. Berikut ini adalah cara merawat plakat akrilik dengan benar.

  1. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Plakat kristal mudah pecah jika terkena benturan atau terjatuh. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika plakat diletakkan di tempat yang tinggi. Tujuannya, agar tidak mudah dijangkau anak-anak. Selain itu, dengan diletakkan di tempat tinggi, plakat menjadi tidak mudah tersenggol.
  2. Simpan di tempat tertutup. Tidak hanya diletakkan di tempat tinggi, plakat juga seharusnya diletakkan di tempat tertutup. Tujuan plakat diletakkan di tempat tertutup adalah agar plakat tidak mudah berdebu. Jika memungkinkan, plakat sebaiknya diletakkan di lemari display. Dengan diletakkan di lemari display, plakat akan terlihat dari luar ketika kotor dan berdebu.
  3. Berikan alas saat menyimpan. Dalam menyimpan plakat, sebaiknya diberi alas. Alas yang digunakan haruslah alas yang lembut dan empuk. Tujuannya, agar plakat tidak mudah tergores. Namun, perlu diperhatikan juga, alas yang digunakan harus tetap bisa membuat plakat berdiri normal dan tidak goyang.
  4. Bersihkan secara berkala. Meskipun disimpan di tempat tertutup, tidak menutup kemungkinan plakat tetap akan berdebu. Oleh karena itu, plakat harus dibersihkan secara berkala. Plakat dapat dibersihkan dengan menggunakan kain berserat halus. Penggunaan kain berserat halus bertujuan untuk menghindari goresan pada plakat.

Dengan melihat berbagai tips memilih plakat, diharapkan bisa membantu dalam memilih plakat. Sementara itu, dengan adanya pembahasan cara merawat plakat dengan benar, diharapkan plakat bisa dirawat dengan benar agar lebih awet.