Souvenir Miniatur Rumah Adat, Wujud Pelestarian Budaya

Miniatur rumah adat dapat menjadi souvenir perusahaan yang menarik. Rumah adat menjadi salah satu kekayaan ragam budaya yang dimiliki Indonesia. Rumah adat menjadi ciri khas dari setiap daerah yang memilikinya. Karena itulah, sudah seharusnya rumah adat dilestarikan. Pelestariannya dapat dilakukan dengan membuat bangunan berupa rumah adat. 

Pelestarian juga dapat dilakukan dengan membuat souvenir miniatur rumah adat. Selain sebagai bentuk pelestarian, souvenir tersebut juga dapat menjadi souvenir perusahaan. Sebagai souvenir perusahaan, tentunya dapat dijadikan sebagai hadiah untuk rekan bisnis dan klien untuk mempererat hubungan.

Selain untuk rekan bisnis, souvenir miniatur juga dapat menjadi souvenir kenang-kenangan atau souvenir ucapan terima kasih. Souvenir ini bisa diberikan kepada rekanan yang telah mengunjungi perusahaan untuk keperluan magang atau kunjungan industri. 

Dalam membeli souvenir miniatur tentunya harus memperhatikan desainnya. Sebelumnya, tentukan terlebih dahulu bentuk rumah adat yang ingin dijadikan sebagai souvenir. Kemudian, tentukan juga bahan dasar pembuatnya. Setelah itu, baru bisa tawar-menawar terkait harga.

Souvenir Miniatur Rumah Adat, Wujud Pelestarian Budaya

Ada banyak sekali rumah adat yang bisa menjadi souvenir. Berikut ini adalah beberapa contoh souvenir miniatur rumah adat yang bisa menjadi inspirasi.

  • Rumah Limas – Rumah Adat Sumatra Selatan

Miniatur Rumah Adat Sumatera Selatan

Rumah limas merupakan rumah adat provinsi Sumatra Selatan. Seperti halnya, rumah di Pulau Sumatra, rumah limas berupa rumah panggung. Rumah panggung memang cocok menjadi rumah adat khas Sumatra karena sesuai dengan kondisi geografi.

  • Rumah Kebaya – Rumah Adat Betawi

Miniatur Rumah Adat Betawi Pemkot Tangsel

Betawi merupakan salah satu suku asli Jakarta. Rumah adat Betawi bernama Rumah Kebaya. Ciri khas rumah adat ini adalah memiliki beberapa atap yang menjadikan penampilannya lebih estetik dipandang.

  • Rumah Honai – Rumah Adat Papua

Miniatur Rumah Adat Papua BPJS Kesehatan

Papua adalah salah satu provinsi yang ada di bagian timur Indonesia. Rumah adat Provinsi Papua bernama rumah honai. Rumah honai memiliki dinding yang terbuat dari kayu dan atap yang berupa jerami.

Ketiga jenis rumah adat tersebut dapat menjadi souvenir miniatur menarik. Anda bisa memesannya di PlakatZone. Anda hanya perlu menghubungi customer service untuk melakukan pemesanan.