Kerajinan Logam, Souvenir Menarik untuk Kenang-Kenangan

kerajinan logam

Kerajinan logam menjadi salah satu kerajinan yang punya banyak penikmat. Logam memang sudah dikenal lama untuk membuat berbagai kerajinan. Tidak hanya kerajinan, berbagai peralatan dapur, makan, dan perabot rumah tangga juga banyak yang terbuat dari logam.

Ada beberapa jenis logam yang sering dijadikan sebagai bahan kerajinan. Ada logam alumunium, tembaga, kuningan, stainless steel, hingga perak. Logam-logam tersebut dapat diolah menjadi kerajinan dengan menggunakan teknik-teknik tertentu.

Beberapa teknik yang sering digunakan dalam membuat kerajinan logam, antara lain, teknik tempa, teknik las, dan teknik grafir. Teknik tempa dilakukan dengan cara memukul logam untuk dibentuk menjadi kerajinan. Teknik las dilakukan dengan menggunakan panas api untuk menyatukan logam. Sementara itu, teknik grafir dilakukan dengan bantuan mesin laser untuk memotong logam sesuai keinginan.

Kerajinan jenis ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Ada yang dijadikan pajangan untuk menghias ruangan. Ada juga yang diberikan sebagai kenang-kenangan. Bahkan, bisa juga dijadikan sebagai souvenir perusahaan.

Kerajinan Logam sebagai Souvenir Perusahaan

Sudah dijelaskan sebelumnya jika kerajinan dari logam dapat dijadikan sebagai souvenir perusahaan. Pada umumnya, kerajinan yang dijadikan souvenir perusahaan akan dibubuhi nama dan logo perusahaan sebagai identitas. Kerajinan tersebut biasanya diberikan suatu perusahaan kepada relasi bisnis untuk mempererat hubungan bisnis. Berikut ini adalah contoh kerajinan yang bisa dijadikan sebagai souvenir perusahaan.

  • Kerajinan Logam Metal Art Red Gold Plate Exclusive

Kerajinan ini dibuat sebagai souvenir dari PT Air Asia. Kerajinan dibuat dari logam yang dibentuk piring. Untuk mempercantik digunakan perpaduan warna merah, silver, dan kuning.

kerajinan logam metal art

Tips Merawat Kerajinan Logam

Setiap kerajinan diperlakukan berbeda tergantung dari bahan dasar pembuatnya. Logam harus dirawat sedemikian rupa agar tetap awet. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam merawat kerajinan logam.

  1. Membersihkan secara teratur. Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat kerajinan sudah pasti membersihkannya secara teratur. Kerajinan dapat dibersihkan dengan kain kering yang bertekstur halus. Dengan kain halus, tidak akan memunculkan goresan pada kerajinan.
  2. Menggunakan brasso untuk menjaga kilapan logam. Untuk menjaga kilapan pada logam, kita bisa menggunakan cairan pengilap logam. Cairan tersebut dikenal dengan merek Brasso. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menggosok brasso ke kerajinan.
  3. Menghindari terkena air garam dan air asam. Air garam dan air asam memang harus dihindarkan dari benda logam. Pasalnya, kedua jenis cairan ini dapat merusak lapisan yang ada pada logam. Jika lapisan rusak, logam akan berubah warna.
  4. Menghindari terkena sinar matahari secara langsung. Karat pada logam muncul karena beberapa penyebab. Salah satunya adalah terkena sinar matahari secara langsung. Beberapa jenis logam memang tidak bisa tahan dengan sinar matahari secara langsung.
  5. Menyimpan di tempat kering dan sejuk. Benda-benda yang terbuat dari logam sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Tujuannya agar benda tersebut tidak mudah berkarat.

Pusat Jual Souvenir Berkualitas

Anda bisa memesan berbagai jenis souvenir di Plakatzone. Tidak hanya kerajinan logam, PlakatZone menyediakan bermacam-macam plakat dan piala, souvenir perusahaan, souvenir miniatur, souvenir wisuda, dan berbagai jenis souvenir lainnya.

Sudah belasan tahun, PlakatZone menyediakan kebutuhan souvenir untuk banyak lembaga. Konsumen PlakatZone berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Banyak konsumen yang tetap menaruh kepercayaan kepada PlakatZone sehingga kembali memesan souvenir di PlakatZone. Kepercayaan itu dijaga oleh PlakatZone dengan selalu memberikan pelayanan prima dan produk-produk berkualitas.

Jangan ragu lagi, segera pesan kebutuhan souvenir Anda hanya di PlakatZone. Informasi dan pemesanan dapat dilakukan di sini. Kami tunggu pesanan Anda segera.